cara mengembalikan indra penciuman dengan cepat

cara mengembalikan indra penciuman dengan cepat - Hilangnya penciuman disebut juga dengan Ansomia, Ansomia terjadi saat hidung kamu tidak bisa mencium bau apapun bahkan minyak wangi nyong nyong sekalipun. hal ini tentu sangat mengganggu sekali ditambah sekarang lagi jamannya covid pikiran kita langsung traveling kemana berpikir apakah kita terkena covid ya, padahal meski hilangnya indra penciuman adalah salahsatu gejala covid namun tidak semua hilangnya indra penciuman dapat di vonis terkena covid 19.

ada banyak cara untuk mengembalikan hilangnya indra penciuman dan cara ini tidak memakan biaya banyak yang menguras dompet anda, namun cara ini hanya ditujukan untuk yang hilang indra penciuman dalam hal ini adalah khusus untuk penderita Ansomia jika anda demam atau terkena covid 19 tentu cara ini tidak akan efektip. baiklah berikut cara mengembalikan indra penciuman yang hilang.

1. Mengkonsumi Teh Jahe

Teh jahe bisa kalian gunakan untuk mengatasi Ansomia, karena jahe mempunyai aroma yang menyengat dan khas tidak pernah berubah-ubah, baunya yang khas dan menyengat dapat membantu anda mengingat aroma Teh jahe dan ini bisa membantu anda latihan penciuman. Selain di hirup kalian juga dapat meminumnya karena mengkonsumsi jahe dapat meregangkan saluran hidung yang tersumbat akibat dahak yang berada dihidung kalian

2. Latihan Penciuman

Latihan penciuman dilakukan dengan mengandalkan ingatan tentang bau untuk mengembalikan kembali saraf-saraf otak penciuman. Latihan ini melibatkan penciuman berulang dari sebagian bau, seperti jahe, jeruk, kopi, dan kayu putih.

Masing-masing bau dihirup dalam selama 20–30 detik. Ketika menghirupnya, cobalah untuk mengingat kembali seperti apa bau dari bahan-bahan tersebut. Membayangkan bau pada suatu objek disinyalir bisa melatih kerja ujung saraf indra penciuman.

Cara mengembalikan indra penciuman ini bisa kalian kerjakan 2–3 kali sehari setidaknya selama 3 bulan. Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan indra penciuman pada penderita COVID-19 yang mengalami anosmia setelah melakukan latihan ini.

3. Irigasi Hidung

Jika anosmia disebabkan oleh infeksi atau alergi, Kalian bisa mencoba metode irigasi hidung untuk mengembalikan indra penciuman.

Metode ini dikerjakan menggunakan garam yang bisa dibeli secara bebas di apotek atau membuatnya sendiri dengan mencampur setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh soda kue kedalam 1 gelas air.

Selanjutnya, masukkan larutan air garam ke dalam botol semprot atau botol irigasi.

Nah, berikut ini adalah cara membersihkan bagian dalam hidung menggunakan larutan air garam :

Miringkan kepala ke salah satu sisi tubuh.

Semprotkan larutan garam ke dalam salah satu lubang hidung secara perlahan ke arah yang berlawanan dengan sisi miring kepala.

Biarkan larutan air garam mengalir keluar dari lubang hidung lainnya atau mulut.

Ulangi cara ini untuk lubang hidung yang lain dan lakukan beberapa kali dalam sehari guna mengembalikan indra penciuman.

4. Bawang Putih

Bukan hanya sebagai bumbu penyedap, mengonsumsi bawang putih juga merupakan cara mengembalikan indra penciuman yang efektif. Bawang putih dikemas dengan sifat anti inflamasi.

Sifat tersebutlah yang berperan melegakan saluran hidung dan mengembalikan indra penciuman. Juga terdapat kandungan asam risinoleat yang menunjukkan bahwa sifat anti inflamasi dapat meringankan masalah hidung tersumbat.

Cara mengonsumsinya, ambil 2-3 siung bawang putih. Kemudian rebus hingga airnya mendidih. Air rebusan bawang putih itulah yang dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari. Tambahkan garam agar rasanya tidak terlalu menyengat.


Referensi :

https://www.alodokter.com/4-cara-mengembalikan-indra-penciuman-akibat-anosmia

 https://food.detik.com/info-sehat/d-5705695/cara-alami-mengembalikan-indra-penciuman-dengan-konsumsi-5-makanan-sehat-ini

0 Response to "cara mengembalikan indra penciuman dengan cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel